NanoTouch, Solusi Baru Buat Layar Sentuh

Wednesday, December 24, 2008



Belum lengkap rasanya bila peranti elektronik yang kita miliki belum menggunakan teknologi layar sentuh. Selain terlihat menarik, fitur layar sentuh ini juga mampu mengurangi area yang diperlukan sebuah gadget sehingga peranti pun dapat dibuat lebih kecil karena tak ada ruang yang digunakan untuk tombol.

Sayangnya, teknologi layar sentuh atau touchscreen juga memiliki kelemahan. Dengan ukuran yang relatif kecil layar ini jadi susah dioperasikan karena icon tertutup oleh jari. Ini akan semakin sulit jika jari Anda tergolong berukuran besar.

Masalah inilah yang coba dipecahkan oleh Microsoft Research dan Hasso Plattner Institute dengan memperkenalkan teknologi yang mereka sebut NanoTouch. Cara kerjanya cukup sederhana. Di balik layar dengan fitur touchscreen ini diletakkan sebuah touchpad yang secara langsung terhubung pada layar di depannya.

Dengan teknologi ini, pengguna tak perlu lagi mengalami kesulitan navigasi karena layar akan tetap terlihat sementara jari melakukan navigasi di bagian belakang. Menurut sebuah berita yang dilansir CNet News hari Minggu (21/12/08) disebutkan bahwa NanoTouch ini akan mereka peragakan dalam acara Computer and Human Interaction conference di Boston April 2009 nanti

0 comments: