Via Menggebrak dengan Dual-core

Sunday, January 4, 2009

Situs berbahasa China HKEPC melaporkan Via Technologies sedang merencanakan prosesor dengan sumber daya sangat redah. Prosesor Nano 3000 akan mendukung dual-core.

Prosesor C7-M Via digunakan pada Mini-Note Hewlett-Packard's 2133, yang sukses dengan popularnya netbook berbasis CPU Atom.

Prosesor Via saat ini masih di bawah Intel Atom. Sedangkan pesaing lain, Advanced Micro Devices (AMD) juga akan menargetkan dual-core rendah daya "Conesus" untuk pasar laptop di atas spesifikasi yang ditawarkan netbook menggunakan Intel Atom.

Sedangkan, Freescale Semiconductor juga akan merilis chip ARM rendah daya yang memiliki fitur mesin grafis dual-core ditujukan untuk laptop kelas netbook.

Keseluruhan pengembangan ini mengindikasikan pasar perangkat ultra kecil dan laptop akan memanas di 2009.

Intel saat ini menawarkan Atom 330 dual-core yang ditujukan untuk Nettop, atau desktop computer berukuran kecil.

Versi dual-core Via Nano 3000 akan tersedia akhir 2009 atau 2010. Prosesor ini menggunakan proses manufaktur 45 nanometer Fujitsu atau TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company). Intel Atom juga berdasarkan teknologi proses 45 nanometer.

Chip Via itu juga memasukkan dukungan instruksi SSE4. Secara umum SSE4 (Streaming SIMD Extensions 4) untuk mempercepat aplikasi multimedia

0 comments: