Yahoo Mail Terancam Tahun Ini..??

Monday, January 5, 2009

Bukan rahasia lagi, tahun 2008 lalu merupakan masa sulit bagi Yahoo. Dengan krisis yang masih terus berlanjut bagaimana Yahoo menjalankan bisnisnya dan menjaga layanan emailnya terus berjalan?

Bagi investor, Yahoo mengalami dua kali kemunduran besar di 2008. Kegagalan negosiasi merger dengan Microsoft, serta gagalnya kerjasama iklan dengan Google merupakan dua peristiwa buruk yang terjadi.

Bagi karyawan, Yahoo telah dua kali melakukan PHK. Hal itu menunjukkan bukti bisnis Yahoo goyah.

Yahoo berharap akan mendapat hasil lebih baik di 2009. Di awal Januari 2008, Jerry Yang memberikan pidato publik pertamanya di Consumer Electronics Show di Las Vegas. Ia menjelaskan produk unggulannya Yahoo Mail telah dibuat ulang, menjadi penghubung komunikasi yang powerful.

Layanan itu mengijinkan user bisa mengakses aplikasi pihak ketiga yang terintegrasi ke email. Serta mengorganisir ulang inbox menjadi platform sosial yang salah satunya mampu memprioritaskan email yang paling penting bagi user.

Perlu waktu satu tahun, bagi Yahoo untuk akhirnya mengeluarkan layanan email yang lebih terbuka dan lebih sosial itu. Yahoo merilis versi tes bagi user secara terbatas. Layanan penuh akan keluar pada 2009 ini.

Yahoo juga telah merilis produk inovatif lain semacam BOSS, yang mengijinkan partner Yahoo membuat search enginenya sendiri. Tetapi membuat Yahoo Mail tampil baru merupakan tantangan yang harus diperjuangkan oleh perusahaan itu.

Performa Yahoo di 2008 tidak jauh dari pesaingnya. Saham Yahoo juga ambruk pada tahun lalu. Penurunannya bahkan lebih buruk dibandingkan Amazon dan Microsoft. Meskipun penurunan tidak sedramatis yang dialami oleh Apple, eBay dan pesaing beratnya, Google.

0 comments: