Friday, November 7, 2008

Apple dan RIM 'Pepet' Nokia di Pasar Smartphone



Tingginya gelombang permintaan iPhone dan Blackberry membuat Apple dan Research in Motion terus mendekati Nokia dalam penguasaan pasar ponsel cerdas. Riset yang dilakukan perusahaan analis pasar, Canalys mengungkapkan penjualan iPhone dan Blackberry pada kuartal meningkat cukup signifikan.

Meskipun masih berada di posisi teratas, market share Nokia di pasar smartphone turun menjadi 38,9 persen dibandingkan kuartal ketiga tahun 2007 yang mencapai 51,4 persen. Sedangkan market share kedua pesaingnya, Apple dan RIM melonjak menjadi 17,3 persen dan 15,2 persen di kuartla ketiga.

"Peluncuran iPhone 3G pada bulan Juli dan eksapnsi Apple ke beberapa negara membuat perusahaan tersebut menempati urutan kedua di pasar smartphone," tulis Canalys dalam laporannya seperti dilansir Reuters, Jumat (7/11/2008).

Laporan tersebut juga mengungkapkan, persaingan antara Apple dan RIM dalam merebut posisi kedua pasar juga akan terus memanas. RIM diprediksi akan menggeser Apple di pada kuartal keempat karena didongkrak penjualan Blackberry Bold, Strom dan clamshell Pearl 8220.

Pasar Smartphone terus meningkat selama beberapa tahun terakhir jika dibandingkan dengan pasar ponsel umum yang justru menurun 3 persen di kuartal ketiga. Tingginya minat masyarakat mendongkrak peningkatan 28 persen dengan jumlah 40 juta orang.

Selain itu, kesuksesan Apple dan RIM tersebut juga mendorong raksasa software Amerika serikat (AS), Microsoft menempati urutan keempat pasar operating system dengan windows mobilenya. Windows mobile menguasai sekira 13,6 persen pasar di bawah Symbian dan Linux. Tak jauh berbeda dengan rekannya Nokia, penguasaan pasar system operasi Symbian turun dari 68,1 persen tahun 2007 menjadi 46,6 persen pada tahun 2008.

Canalys menyatakan, pada tahun 2009 mendatang Apple, RIM, Microsoft dan Linux akan bersaing ketat memperebutkan pasar software smartphone

0 comments: