Saturday, November 8, 2008

Duel Maut Ponsel Entertainment (Nokia N81 VS Sony Ericsson W960i)




Ketika dihadapkan pada pilihan untuk mencari ponsel yang sesuai dengan kebutuhan, mengkomparasi ponsel sejenis tidak bisa dielakkan. Demikian juga ketika anda harus memilih ponsel dengan kapasitas penyimpanan 8 gigabyte, seperti pada Nokia N81 dan Sony Ericsson W960i. Fitur dan software apa saja yang bisa dikembangkan dalam ponsel berdaya simpan 8 gigabyte ?

Produk dan pasar telepon seluler kini telah terfragmentasi sedemikian rupa. Kemajuan ini antara lain diterjemahkan ke dalam ponsel canggih, yang tidak lagi berfungsi sebagai alat percakapan telepon belaka, tapi berkembang memenuhi selera konsumen sebagai perangkat yang dapat meng-entertaint penggunanya. Konsep inilah yang diusung dua produsen ponsel kenamaan, yaitu Nokia melalui seri N81 8 gigabyte, serta Sony Ericsson dengan seri W960i. Berbekal memori penyimpanan yang besar, kedua ponsel ini dapat memaksimalkan fitur-fitur entertainment.



W960i merupakan generasi terbaru dari jajaran ponsel Walkman Sony Ericsson. Ponsel ini mempunyai kapasitas penyimpanan hingga 8.000 lagu dan dilengkapi navigasi sentuh untuk daftar lagu pada layarnya yang berukuran 2,6 inci.

Bila Sony Ericsson mengedepankan musik sebagai entertainment dalam ponsel W960i. Pabrikan asal Finlandia ini sepertinya ingin mencuri celah pasar para pecinta games disamping sebagai ponsel musik. Anda tentunya masih ingat dengan Nokia N-Gage bukan? Sebuah produk dari Nokia yang memiliki platform game dan dikhususkan bagi para gamer itu memang sempat sukses di pasaran. Kali ini Nokia tampaknya ingin mengulang kesuksesan dengan merilis N81 8 gigabyte.

Berbekal kamera digital dengan resolusi dua megapiksel, N81 8GB menjadi ideal sebagai ponsel cerdas yang tidak hanya mampu menayangkan berbagai isi digital secara multimedia, tapi juga menjadi ponsel cerdas dengan kemampuan penyimpanan data yang besar.

Selain mengunggulkan musik, Sony Ericsson membekali sejumlah fitur mutakhir seperti akses internet Wi-Fi, 3G, kamera 3,2 Mpix, hingga sistem operasi Symbian. Begitupun untuk konsep antarmuka, tersedia layar sentuh yang bisa dikendalikan dengan jari tangan ataupun stylus.

Bila W960i dibekali dengan layar sentuh serta fasilitas track id, N81 8GB dilengkapi dengan fungsi tombol Naviwheel yang bekerja sebagai pengendali putar. Fungsi ini menjadikan Nokia nyaman digunakan untuk mendengarkan musik, melihat galeri foto, serta menu multimedia.

Sekalipun kedua ponsel ini punya fitur canggih, tapi keduanya dibandrol dengan harga reasonable. W960i dihargai sekitar 4,5 juta hingga 5 juta rupiah. Adapun N81 8 gigabyte bisa Anda dimiliki dengan harga 4 jutaan rupiah

0 comments: