Samsung Produksi Ponsel Anak-Anak

Friday, November 21, 2008



Di tengah kelesuan penjualan ponsel global akibat resesi ekonomi, produsen ponsel terbesar kedua dunia Samsung Electronics Co Ltd menggali peluang pertumbuhan baru dengan membidik segmen anak-anak.

Melihat bahwa anak-anak semakin akrab dengan ponsel, Samsung pun merilis ponsel khusus anak bernama Tobi. Samsung mengungkapkan, Tobi dirancang untuk anak-anak usia pra-remaja. Agar dapat diterima dengan baik oleh anak-anak, Tobi hadir dengan desain yang akrab dengan dunia anak.

Satu di antaranya GUI (graphical user interface) sederhana, yang ramah pengguna, dengan tema-tema kartun. Tobi merupakan ponsel unik karena memiliki "punggung" tembus pandang. Tutup belakang ponsel itu dapat dibuka dan pengguna bisa memasukkan foto (kertas) ke sisi belakang ponsel itu.

Ketika tutup itu dipasang kembali, foto dapat tetap terlihat karena tutup belakang Tobi transparan. Sesuai dengan selera anak-anak, Tobi pun tampil dengan berbagai pilihan warna cerah.

Samsung memberikan enam pilihan warna untuk ponsel itu, yakni Sweet Pink, Loyal Blue, Apple Green, Bright Orange, Oasis Blue, dan Snow Silver.

Guna menenangkan hati orangtua yang anaknya menggunakan Tobi, Samsung membekali Tobi dengan fitur SOS melalui suara dan SMS. Fitur itu dapat digunakan anak untuk menghubungi orangtua dalam keadaan-keadaan darurat.

Guna melindungi anak dari keracunan kimia berbahaya, Samsung membangun Tobi dengan material ramah lingkungan, yaitu material-material yang bebas racun dan material-material yang tidak memicu alergi. Khusus untuk earphone Tobi, Samsung menghapus penggunaan material PVC (polyvinyl chloride).

Samsung mulai memasarkan Tobi di Eropa pada bulan ini. Namun, Tobi bukan ponsel pertama yang dirancang khusus untuk anak-anak. Pada akhir 2007 silam, operator seluler Jepang NTT DoCoMo Inc sudah merilis ponsel khusus anak.

Bernama Foma F801i, ponsel itu dilengkapi GPS (global positioning system) untuk melacak keberadaan anak. Namun,Tobi kalah canggih dari Foma F801i. Sebab, Tobi tidak memiliki GPS. Tobi hanya merupakan ponsel GSM berlayar 1,9 inci dan dilengkapi kamera digital 1,3 megapixel serta Bluetooth. Namun, Tobi dilengkapi slot ekspansi kartu memori yang sanggup menerima microSD 8 GB. Anak-anak tentu suka memori besar itu untuk menyimpan koleksi musik favorit.

0 comments: