Sunday, November 2, 2008

Nokia N810




Kepuasan Internet dan GPS berbasis Linux
Generasi ketiga “Internet Tablet” milik Nokia, N810 kembali mempesona pecinta gadget dunia dengan mengintegrasikan GPS dan QWERTY keyboard (slide-out) yang pertama kali dilakukan oleh Nokia pada internet tablet mereka.
Nokia N810 menggunakan sistem operasi Linux standar Wi-Fi 802.11b/g yang memungkinkan anda untuk terkoneksi dengan hotspot beragam standar. Kemampuan yang dibawa oleh N810 pantas untuk mendapat acungan jempol. Dengan perangkat ini, banyak hal yang bisa kita lakukan, lebih dari sekedar berkomunuikasi ataupun menjelajah internet.
Overview
Benang merah dari hadirnya Nokia N810 : komunikasi dan internet. Kemampuan komunikasi yang ditawarkan oleh Nokia 810 sangatlah beragam. Beragam komunikasi VoIP atau aplikasi voice via internet bisa anda lakukan melalui perangkat milik Nokia ini.
Untuk urusan internet, 90% kemampuan browser Internet Explorer dan Firefox yang dijalankan pada Desktop PC, bisa dijalankan pada Nokia N810. Praktis, jangan pernah ragukan kemampuan internet dari Nokia N810.
Desain
Nokia N810 menggunakan desain landscape (oriented) dengan keyboard QWERTY yang tersembunyi di balik layar. Nokia N810 menggunakan layar touchscreen berukuran 4.13 inch WVGA dengan resolusi 800 x 480 pixel, lebih tinggi dibandingkan dengan resolusi dari perangkat Windows Mobile, dan dua kali lipat lebih tinggi dibanding resolusi yang dibawa iPhone.
Salah satu hal yang menarik dari peranti ini adalah disertakannya penyangga. Penyertaan penyangga ini bisa dibilang menarik, bisa dibilang mengurangi nilai artistik dari Nokia N810. Penyangga ini bisa bermanfaat jika kita gunakan untuk melihat video atau menjalankan fitur multimedia lainnya, tapi bisa juga penyangga ini terlihat norak.
Sisi desain yang diusung oleh Nokia N810 memang terliihat sangat elegan, lebih dari pada itu, hardware yang disertakan pada Nokia N810 diklaim oleh Nokia sebagai yang terbaik bersama beberapa seri high-end lainnya.
Linux Maemo OS
Seperti yang disinggung sebelumnya, Nokia N810 menggunakan sistem operasi Linux Maemo yang memiliki banyak keunggulan, namun tak luput dari nilai minus.
Sistem operasi Linux Maemo terkenal stabil dan jarang mengalami hang. Linux Maaemo merupakan sistem operasi yang telah mendukung proses multi-tasking yang memungkinkan anda untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dalam satu waktu. Sambil mendengarkan musik, anda juga bisa membaca dokumen, sembari menunggu hasil download file dari internet.
Proses booting nokia N810 pun terbilang cepat. Proses inipun umumnya bergantung pada sistem operasi yang digunakan oleh perangkat terkait. Nokia N810 menggunakan processor dengan clock speed 400 Mhz.
Nilai minus dari Linux Maemo tidak jauh beda dengan yang dialami oleh pengguna Linux di PC. Software aplikasi yang tersedia untuk Linux Maemo tidak semelimpah sistem operasi windows mobile, apple atau symbian OS.
Sebetulnya, software yang tertanam pada Palm OS juga bisa kita gunakan pada Linux Maemo dengan memanfaatkan konversi yang disediakan oleh Palm OS untuk Linux maemo. Namun proses ini tidak memberikan garansi bai kita 100% berhasil. Bisa jadi proses ini malah sering membuat piranti anda crash.
Internet dan Browser
Nokia N810 ini bisa terkoneksi dengan Wi-Fi, Bluetooth, dan Modem. Untuk terkoneksi dengan internet, tentu sebuah hal yang mudah untuk dilakukan oleh gadget ini. Perangkat ini juga bisa kita gunakan untuk berkomunikasi melalui jalur VoIP (Voice over Internet Protocol). Sudah banyak aplikasi VoIP yang bisa kita manfaatkan sesuai dengan kebutuhan kita antara lain, Skype, VoIPRakyat, Google talk, Yahoo Voice.
Untuk urusan browsing, Nokia N810 adalah ahlinya. Peranti ini menyediakan nuansa browsing yang tidak jauh berbeda pada saat anda menjelajah internet menggunakan desktop PC maupun notebook. Nokia N810 menggunakan browser standar : Mozilla, yang telah terintegrasi dengan Ajax dan Adobe Flash 9, inilah yang menjadikan browser Nokia N810 jauh lebih impresif. Browser (mozilla) nokia N810 membuka kemungkinan anda untuk menjalankan beragam tipe streaming audio dan video.
Aplikasi Office
Linux disertai dengan microsoft office?, ini hal yang mustahil terjadi (jika sesuai lisensi). Praktis, Nokia N810 secara resmi tidak mengadopsi microsoft office sebagai aplikasi baca tulis, maupun spreadsheet (ms.excel). lalu menggunakan apa??
Nokia N810 menggunakan Google Docs. Aplikasi office mirip ms.word ini bekerja sepurna pada Nokia N810 untuk keperluan baca tulis. Aplikasi Google Docs sudah disertai dengan fitur format text, spell checker, gambar, footnotes, serta banyak fitur lainnya.
GPS (Global Positioning System)
Nokia N810 merupakan internet tablett pertama yang terintegrasi dengan GPS receiver (pasif) yang bisa menjadi peta digital pada saat anda bingung mencari jalur perjalanan. Kerja dari GPS receiver nokia N810 memang cukup lambat, tapi akurat datanya.
Kinerja GPS yang dibawa oleh Nokia N810 semakin maksimal jika anda meng-upgradenya ke navigator Wayfinder. Layanan yang disediakan oleh Wayfinder ini layaknya navigator high-end yang memang khusus berfungsi sebagai GPS. Melalui Wayfinder, data yang didapat selalu update, mulai dari peta digital, komunikasi dengan operator, laporan trafik (real time), pom bensin, dan banyak layanan lainnya.
Jika anda tidak suka dengan lisensi Wayfinder; copyright alias berbayar, anda bisa menggunakan Maemo Mapper yang bisa digunakan pada Nokia N810 yang tersedia secara gratis. Namun kemampuan dari Maemo Mapper masih dibawa Wayfinder.
Technical Specifications :
Size :
Volume : 128 cc
Weight : 229 g
Length : 72 mm
Width : 128 mm
Depth : 16 mm
Display
High resolution 4.13” WVGA touch screen display (800 x 480 pixels) with up to 65.536 colors
Processor
TI HS OMAP 2420, 400 Mhz
Memory Functions
DDR RAM 128 MB
Flash 256 MB
Storage
2GB internal memory
Support for compatible miniSD and Micro SD memory cards (with extender)
Support cards up to 8GB. (SD cards over 2GB must be SDHC compatible
Operating Times
Battery : Nokia Battery BP-4L
Music playback : up to 10 hours
Standby time off-line : up to 14 days
WiMAX operation times
Standby always online : up to 4 days
Internet browsing time : up to 3 hours
Wi-Fi Operation Times
Standby always online : up to 5 days
Internet browsing time : up to 4 hours
Other Characteristics
Smooth slide with integrated QWERTY keyboard
Built ini GPS receiver
High quality stereo speaker and sensitive microphone
High resolution widescreen touch display
Integrated desk stand
Integrated VGA webcamera
HW key to lock touch screen and keys
Ambient light sensor
Connectivity
WiMAX 802.16e/2.5GHz
WLAN Standard : IEEE 11b/g
Bluetooth Specification v.2.0. +EDR (profiles support : HID, FTP, DUN, GAP, SPP, SAP, dan OPP)
USB high speed for compatible PC connectivity
3.5 mm stereo headphone plug (Nokia AV Connector)
Languange Support
QWERTY keyboard : English
User Interface Languages : Danish, Dutch, English, British, Finnish, French, German, Italian Norwegian, portuguese, Brazilian, Russian, Spanish, Swedish.

0 comments: