iPhone Ponsel Terlaris

Sunday, November 16, 2008



Apple iPhone 3G melesat jadi ponsel paling laris di USA, menggeser Motorola RAZR yang sudah bertahun-tahun jadi jawara. Hal itu terungkap dari survey NPD Group, lembaga riset pasar terkemuka di wireless industry. Apple iPhone menjadi pilihan utama pembeli dewasa selama triwulan ketiga tahun ini. Motorola RAZR menjadi ponsel paling laris dalam 12 triwulan terkahir.

Namun, meskipun penjualan iPhone sangat kuat dan biasanya penjualan di triwulan ketiga meningkat, triwulan ketiga tahun ini justru menunjukkan penurunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Total penjualan handset triwulan ketiga mencapai 32 juta unit atau turun 15% dibangkan pencapaian tahun lalu. Sales revenue turun 10% menjadi $2.9 miliar, meskipun average selling price, naik 6% jadi $88.

Lima besar ponsel paling laris adalah:

1. Apple iPhone 3G
2. Motorola RAZR V3
3. RIM Blackberry Curve
4. LG Rumor
5. LG enV2

“Empat dari lima model paling laris di triwulan ketiga ini adalah ponsel yang dirancang untuk optimalisasi SMS, yang lainnya memiliki fitur internet canggih,” kata Ross Rubin, director of industry analysis for NPD dalam rilisnya awal pekan ini.

Dalam survey itu, NPD mendapat informasi fitur spesifik yang mendorong konsumen memilih ponsel tertentu. Sekitar 43% mengaku mereka membutuhkan fitur kamera, dan 36% membutuhkan ponsel yang memiliki kemudahan mengirim dan menerima pesan text. Ponsel dengan keyboard QWERTY mengalami pertumbuhan terbesar, dimana 30% ponsel yang terjual pada triwulan ketiga memiliki fitur ini, dibandingkan 11% pada periode yang sama tahun lalu. Sekitar 83% adalah Bluetooth enabled (72% tahun lalu) dan 63% music enabled (49% tahun lalu).

Menurut Rubin dari data-data itu terlihat semakin jelas konsumen makin terbelah. Mereka yang melihat nilai lebih dan mendapat manfaat dari akses internet nirkabel, bersedia membeli perangkat lebih mahal. Sedangkan mereka yang lebih suka melakukan telepon secara langsung (voice-centric) tidak menyediakan dana lebih untuk membeli ponsel lebih canggih.

Metodologi yang dipakai NPD adalah mengumpulkan dan menganalisa daya penjualan ponsel berdasarkan 150,000 data konsumen yang diperoleh dari survey online tiap bulan. Survei dilakukan dengan mengambil sample yang bisa mewakili struktur demografi USA. Hasilnya diproyeksikan mewakili seluruh populasi konsumen diatas 18 tahun

0 comments: