Sun Microsystem Gandeng Ristek Demi Kelanggengan Open Source

Thursday, November 20, 2008



Keseriusan Sun Microsystem untuk menyosialisasikan teknologi terbuka kembali dibuktikan dengan hadirnya Center for Open Source Technology (COSTA). Gerakan inisiatif hasil rembukan dari Kementrian Negara Riset dan teknologi (RISTEK) dan Sun Microsystem ini, dicanangkan sebagai gerakan untuk memperkuat teknologi open source dengan dukungan dari pemerintah Indonesia.

Gerakan yang bergerak di bawah program Sun lainnya bertitel ?Technology Awakening Program?, direncanakan akan beraksi di berbagai institusi pendidikan. Diharapkan dengan adanya COSTA, akan makin banyak inovasi yang berbasis open source sehingga Indonesia dapat mengadopsi dan mengembangkan berbagai teknologi terbuka tersebut. Di waktu ke depan nanti COSTA akan turut melibatkan kementerian atau departemen lain seperti Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Industri, serta Departemen Komunikasi dan Informasi yang notabene ketiga departemen tersebut sudah memiliki infrastruktur ICT yang memadai dan rata tersebar di seluruh Indonesia.

"Seperti Menristek sudah katakan, teknologi open source bisa berkembang memerlukan orang-orang pintar. Untuk itulah COSTA hadir untuk melatih orang menjadi pintar, mejadikan open source bisa menciptakan profit, serta mendatangkan dukungan untuk mereka yang ingin belajar," terang Presiden Direktur PT Sun Microsystem Indonesia, Wibisono Gumulya, ketika ditemui di daerah Melawai, Rabu (19/11/2008).

Bentuk kerja sama nyata dalam COSTA dengan Ristek tergambar dari pemanfaatan Indonesia Goes Open Source (IGOS) Center dan Pusat Pemberdayaan Open Source (POSS) yang tersebar di seantero Nusantara. Dari tiap unit COSTA yang hadir, akan ditempatkan seorang tenaga ahli yang bisa mentransfer ilmu tentang teknologi open source serta memberikan pelatihan terhadap organisasi atau komunitas yang ingin mengadopsi open source.

"Sun melanjutkan komitmennya dalam meningkatkan penggunaan open source di Indonesia. Kolaborasi antara Sun Microsystems dengan RISTEK untuk mendirikan COSTA merupakan langkah strategis dalam menyediakan akses terhadap teknologi open source tercanggih bagi komunitas lokal secara gratis. Kami yakin dengan makin banyaknya orang yang berpartisipasi dalam jaringan, maka perkembangan dalam inovasi teknologi dapat meningkatkan perekonomian bangsa dengan cepat," tambah Wibisono.

Menyinggung soal krisis ekonomi global yang menggempur Sun Microsystems di California dengan harus memulangkan 6000 karyawannya, Wibisono dengan mantap meyakinkan bahwa Sun Microsystem Indonesia dalam keadaan baik-baik dan stabil.

"Kami mengucap syukur karena sudah memiliki pertumbuhan yang cukup bagus sejak Oktober lalu," tandasnya sekaligus menutup penjelasan.

0 comments: