Pendapatan XL Naik 60%

Wednesday, November 12, 2008



Sejak pertengahan tahun 2007, PT Excelcomindo Pratama (XL) telah menikmati keuntungan menjadi pioner yang meluncurkan strategi penurunan tarif dengan tarif yang sangat terjangkau sehingga meningkatkan minutes of use dan jumlah pelanggan.

Karena voice revenue per outgoing minute (Voice RPM) menurun sebesar 82% dari Rp 740 pada periode Januari – September 07 menjadi Rp 130 pada periode yang sama tahun 2008, jumlah outgoing minutes meningkat 1.076%, sedangkan jumlah pelanggan naik 96% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pencapaian ini menghasilkan pertumbuhan pendapatan sebesar 60% dibandingkan dengan periode Januari - September 2007. XL percaya bahwa pertumbuhan pendapatan yang pesat ini menunjukan masyarakat Indonesia sangat antusias dengan strategi penurunan harga tersebut.

"Kami mencapai pertumbuhan pendapatan sebesar 60% pada periode Januari - September 2008. Pertumbuhan EBITDA XL meningkat 70% dibandingkan periode Jan - Sept 2007, sedangkan EBITDA marjin meningkat 3% menjadi 45%. Pencapaian ini menunjukkan bahwa stategi kami yaitu menawarkan best value through comparable quality and affordable tariff, berjalan dengan baik,'' ujar Hasnul Suhaimi, Presiden Direktur XL.

Menurut Hasnul, tingginya pertumbuhan tersebut karena perencanaan yang matang dan konsisten menerapkan strategi affordable pricing. Bahkan, diklaimnya, dengan pertumbuhan itu memungkinkan XL telah melampaui pertumbuhan industri dan memperbesar pangsa pasar. Dengan jaringan yang terbesar kedua di Indonesia, XL dapat menjangkau pelanggan di seluruh nusantara.

Sampai dengan September 2008, XL memiliki 15.111 BTS. XL telah menambah 5.164 BTS sepanjang 12 bulan terakhir, meningkat 52% dibandingkan periode Jan - Sept 2007, dengan cakupan lebih dari 90% populasi Indonesia. XL juga telah menyelesaikan proses upgrade billing system pada kwartal III 2008 dimana dengan ini kapasitas pelanggan bertambah menjadi 2 kali lipat sehingga meningkatkan produktifitas perusahaan. Dengan demikian memungkinkan XL untuk terus menerus memberikan penawaran yang baru dan menarik bagi pelanggannya. XL tetap mempertahankan target pendapatan 2008 sebesar lebih dari 40%, sedangkan marjin diharapkan sama atau lebih baik dari tahun 2007

0 comments: