Game Bush Merambah Ke Bosnia

Saturday, December 27, 2008



Sebuah website di Bosnia mengundang pengguna internet untuk melemparkan sepatu secara virtual ke pemimpin di negara itu. Game ini mendapat inspirasi dari lemparan sepatu wartawan Irak terhadap presiden AS, George W Bush.

"Jika tidak bisa melakukan itu pada politisi di kehidupan nyata, anda dapat melakukannya di dunai maya,” kata pembuat situs yang mengeluarkan game dengan target PM Bosnia Milorad Dodik.

Serupa dengan sejawatnya di AS, game ini memberi pemain 30 detik untuk melempar sepatu ke Dodik yang berada di belakang podium dengan bendera Bosnia sebagai background.

Dodik mendapat dukungan bangsa Serbia, tetapi dibenci oleh hampir semua bangsa Bosnia Croasia dan kaum muslim karena retorika nasionalisme dan pemusatan kekuasaan yang dilakukannnya.

Sejak perang 1992-1995 Bosnia terpisah jadi dua wilayah otonom Republik Serbia dan Federasi Kroasia yang muslim. Masing-masing memiliki pemerinatahan, polisi dan hukum sendiri-sendiri.

Wartawan Irak Durgham Zaidi melempar sepasang sepatunya ke Bush saat konferensi pers di Baghdad pada pertengahan Desember sebagai upaya protes terhadap kebijakan AS di Irak.

Kejadian itu menginspirasi mahasiswa Inggris Alex Tew, membuat game "Sock and Awe" (www.sockandawe.com) dimana semua orang bisa melempar ke pemimpin AS itu.

0 comments: