Penjualan PS3 Anjlok..??

Sunday, December 21, 2008



Sony PS3 diibaratkan layaknya kapal karam dengan melihat laporan penjualan konsol game yang dikeluarkan oleh NPD. Dari laporan itu, penjualan Sony PS3 telah anjlok 19 poin dibandingkan November 2007. Tapi PS3 apakah benar-benar akan masuk sebagai produk gagal?.

Sony menegaskan penjualan PS3 tumbuh 60% year-to-date. Pada 2007, penjualan PS3 memang tidak tinggi. Tapi, secara total seluruh dunia, penjualan PS3 sangat menjanjikan.

Jika memperhitungkan keseluruhan merek PlayStation, penjualan mencapai 1 juta unit jika digabungkan dengan PSP dan PS2. Angka ini lebih tinggi dari Xbox 360 yang hanya mencapai 836.000 unit.

Secara merek, PlayStation juga tampak jauh mengungguli Xbox sejak PS3 diluncurkan. Selain itu margin PSP dan PS2 juga lebih baik dibandingkan PS3, yang berarti perusahaan itu lebih banyak menghasilkan keuntungan dalam penjualan seluruh model, dibandingkan hanya dari PS3.

Mengenai harga PlayStation 3 yang lebih tinggi, tampaknya Sony memiliki alasan sendiri. Sony termasuk juga Microsoft memang memiliki produk eksklusif yang tentu saja harganya lebih mahal.

Game yang popular di PS3 juga banyak, seperti Metal Gear Solid 4, Uncharted: Drake's Fortune, Ratchet & Clank Future, Wipeout HD, Valkyria Chronicles, the original Resistance: Fall of Man. PS3 Tampaknya belum bias dikatakan sebagai produk gagal, tapi penjualan PS3 memang belum mencapai performa tertingginya.

0 comments: