Smartphone Terbaik 2008

Sunday, December 21, 2008

Tahun ini merupakan era baru smartphone dengan kemampuan layar sentuh. Meskipun harganya mahal, tidak semua smartphone memiliki desain serta inovasi menarik. Lalu smartphone mana yang bisa masuk dalam kategori terbaik?

Bisa dikatakan Apple iPhone 3G merupakan smartphone paling sukses. Meskipun saat dirilis, tidak semua fitur yang diharapkan oleh konsumen telah diakomodasi di iPhone 3G itu. Tapi Apple menutupinya dengan fitur kritis, termasuk dukungan 3G dan email.

Kelebihan lain adalah kemampuan dalam hal browsing web kecepatan tinggi, serta integrasi audio dan video yang maksimal. Banyak yang menganggap iPhone biasa saja, tapi kenyataanya telah menjadi patokan untuk memilih suatu produk smartphone.

iPhone 3G mengkombinasikan seluruh fitur revolusioner. Fitur tercanggih yang dimiliki mendukung jaringan 3G, built-in GPS, dukungan ke Microsoft Exchange ActiveSync dan mampu menjalankan ratusan aplikasi pihak ketiga.

Dengan kemampuan itu, iPhone 3G memberikan akses cepat ke internet dan e-mail melalui jaringan selular quad-band GSM dan tri-band HSDPA.

Kemampuan ini membuat iPhone bisa digunakan di seluruh dunia. Untuk mendapatkan kecepatan download tertinggi, iPhone bisa berpindah secara otomatis dari Wi-Fi, 3G dan EDGE.

Sedangkan tersedianya App Store, menjadikan pemilik iPhone tidak sendirian. Layanan ini menyediakan aplikasi mulai dari game, berita, olah raga, informasi kesehatan, perjalanan juga informasi bisnis.

Smartphone lain yang bisa jadi pertimbangan adalah Bold. BlackBerry berhasil membuat lompatan jauh dengan smartphone barunya itu. Kelebihan utama Bold adalah pada eksterior berwarna hitam mewah, dibalut frame chrome dan kulit di bagian belakang.

Display VGA (480x320 at 217 ppi) dan keyboard QWERTY menjadikannya lebih cepat dan lebih mudah digunakan. Bold juga memiliki tampilan browsing web lebih mudah, dengan style desktop. Selain itu desain akustiknya yang baru mampu menghasilkan kejernihan serta kualitas suara.

Jika memperhatikan desain, Google G1 mungkin tidak akan masuk dalam daftar smartphone terbaik. Tapi berkat sistem sistem operasi yang terbuka, ada potensi besar G1 serta ponsel berbasis Android lain, menjadi komputer mini yang powerful. Hal itu karena potensi semakin banyaknya aplikasi yang bisa berjalan di ponsel ini.

Sony Ericsson X1 juga dikategorikan dalam pilihan smartphone terbaik. Dengan panel interaktif yang dimiliki, X1 merupakan ponsel Sony Ericsson pertama dengan Windows Mobile. Sejak diperkenalkan pada GSMA 2008 Februari lalu, seri ini langsung berhasil mencuri perhatian.

X1 pernah diperkirakan tidak akan mampu popular, tapi ternyata menunjukkan sebaliknya. Interface panel X1 tak bisa diragukan sangat “cool”, dan personalisasi dapat dilakukan sesuai selera pemilik. Smartphone ini didesain luar biasa dengan fitur serta performa tinggi juga. Satu-satunya yang tidak menyenangkan adalah banderol harganya.

Pilihan smartphone terbaik selanjutnya adalah Samsung Omnia. Jika menganggap layar sentuh sebagai pertimbangan utama, Samsung Omnia adalah pilihan terbaik dari yang ada. Samsung membuat user interface sendiri yang disebut TouchWiz, dimana dapat dikustomisasi dengan berbagai macam tema.

Sebagai pertimbangan lain, desain mewah Omnia didukung fitur impresif termasuk kamera 5 megapiksel, Wi-Fi terintegrasi, Bluetooth dan GPS. Untuk urusan performa, ponsel ini paling tinggi dibandingkan smartphone RIM BlackBerry Storm.

Smartphone Nokia memang tenggelam dibandingkan yang lain. Tapi Nokia memiliki reputasi sangat powerfull dan sangat bisa diandalkan. Termasuk Nokia E71 yang desainnya telah dibuat kian menarik dengan keyboard QWERTY.

Tidak sama dengan pendahulunya Nokia E61i yang bongsor, E71 benar-benar gaya. Memang E71 memiliki layar serta keyboard lebih kecil, tapi masih tetap mudah dioperasikan. Terlebih lagi juga memiliki kemampuan optimal untuk mengirim email, melakukan produktivitas kantor, serta didukung fitur konektifitas.

HTC Touch Diamond juga bisa menjadi pilihan karena sejumlah alasan. Pertama, memiliki interface TouchFlo 3D. Selain memberikan penampilan yang cemerlang, dan interface Windows Mobile yang semakin mudah dicerna oleh konsumen.

Touch Diamond merupakan hasil kolaborasi pertama antara HTC dan perusahaan desain One & Co. Kerjasama itu ternyata menghasilkan produk yang sangat seksi dengan fungsionalitas sangat menawan.

Selain itu, smartphone Windows Mobile ini menawarkan tidak hanya sekadar tampilan yang indah, tapi pilihan wireless yang lebih banyak, juga fitur multimedia serta perangkat produktivitas. Cocok untuk konsumen yang mencari smartphone untuk keperluan bekerja dan hiburan.

0 comments: