Netbook Dell

Wednesday, December 24, 2008



BARU saja merilis notebook varian EFamily dengan ketahanan standar militer, Dell ingin menutup tahun dengan menyuguhkan jajaran netbook terbaru. Uniknya, netbook yang dirilis oleh vendor asal Amerika Serikat ini memiliki spesifikasi yang tidak kalah dengan notebook.

Lihat saja ukuran penampang layarnya. Dell menyajikan netbook dengan ukuran layar 12 inci, tidak lagi di bawah 10 inci yang umumnya menjadi batas definisi netbook.

Netbook bertajuk Dell Inspiron Mini 12 ini memiliki penampang 12,1 inci dengan prosesor Intel Atom N270, yang umumnya digunakan oleh netbook merek lainnya. Fitur lainnya tetap standar, yakni Webcam 1,3 megapixel, RAM 1 GB, Bluetooth, Wi-Fi 802.11b/g, port VGA-out, port LAN, 3-in-1 card reader, dan tiga portUSB.

Dell memasang keyboard konvensional. Dengan begitu, mengetik pun kian mudah laiknya di PC biasa. Tanpa dibekali DVD (OpticalDrive), badan netbook ini makin ramping dengan ketipisan 28 mm, makin mendekati ketipisan Macbook Air keluaran Apple Inc.

Begitu tipisnya, Dell Inspiron Mini 12 hanya berbobot 1,24 kg. Itu pun sudah termasuk baterai 4 sel (opsional bisa di-upgrade hingga 6 sel).

Sepuhan cover-nya glossy, namun tidak meninggalkan bekas telapak tangan saat dipegang. Hadir dengan dua warna (hitam dan putih), netbook ini dibanderol dengan harga USD799.

Produk lainnya, Dell meluncurkan Inspiron Mini 9. Berjalan pada operasi sistem Windows XP Home, netbookini tampil seksi dengan penampang layar 8,9 inci. Dengan kapasitas 8 GB Solid State Drive (SSD), otaknya dibekali prosesor Intel Atom. Inspiron Mini 9 sudah berjalan pada koneksi 3,5 GHSDPA Modem.

Tinggal masukkan kartu GSM di belakang baterai, koneksi ke dunia maya bisa dilakukan kapan pun. Fitur lain yang disematkan pada netbook berbobot 1.035 kg ini cukup standar. Antara lain memori 1 GB, Wi-fi, webcam 0,3 MP, Bluetooth, dan baterai 4 sel.

"Netbook Inspiron Mini 9 menyasar pelajar SMP atau SMA yang menginginkan laptop dengan dimensi mungil namun berkoneksi lengkap. Sedangkan Mini Inspiron 12 efektif bagi profesional bermobilitas tinggi, namun tidak ingin direpotkan dengan layar mini," tambah Rudy Sumadi, Busines Development Director Consumer Business Dell.

0 comments: