Internet Explorer Rentan Virus

Monday, December 22, 2008



Kaspersky Lab memperingatkan para pengguna Internet Explorer (IE) agar berhati-hati menggunakan browser tersebut. Pasalnya, IE sangat rentan terkena serangan virus.

Kode berbahaya yang terdapat dalam kelemahan semua versi Internet Explorer pertama kali disebutkan di dalam forum hacker tertutup November lalu. Pada tanggal 9 Desember, grup hacker dari China, KnownSec Team, membuat kode berbahaya tersebut dapat diakses oleh publik. Kerawanan ini terdapat pada uraian XML di dalam Internet Explorer.

Publikasi yang dilakukan terhadap eksploitasi kode ini menyebabkan meningkatnya pertumbuhan malware. Infeksi yang disebabkan oleh program-program berbahaya ini telah dapat dideteksi, yaitu Trojan-Banker.Win32 Banker (yang menyerang para pengguna sistem internet banking), dan Trojan-Spy.Win32.Zbot (yang mencuri data personal dari pengguna komputer dan mesin yang telah terinfeksi di jaringan zombie).

Penyerangan ini sebagian besar terjadi melalui situs dewasa dan situs-situs yang berpotensi lemah dalam serangan injeksi SQL. Menurut Microsoft, 0.2 persen pengguna internet telah terinfeksi.

Sebuah catatan rekor dari kode berbahaya yang memanfaatkan kelemahan Internet Explorer telah ditambahkan ke dalam database milik Kaspersky Lab Antivirus pada tanggal 10 Desember lalu.

Dilansir melalui keterangan resminya, Senin (22/12/2008), Kaspersky Lab menganjurkan kepada seluruh pengguna Internet Explorer untuk berganti kepada internet browser lainnya (seperti FireFox, Chrome, dan lainnya) atau setidaknya mereka mau mengikuti instruksi bagaimana untuk menghindari ancaman infeksi tersebut Microsoft merekomendasikan para pengguna untuk mematuhi beberapa peraturan dasar keamanan yang dipaparkan dalam situs resmi Microsoft.

0 comments: