Sony Ericsson W302

Thursday, December 25, 2008



Beberapa pemangkasan terjadi saat Sony Ericsson melepas produk ponsel yang satu ini. Pertimbangan ini jelas diambil untuk menekan biaya sehingga harga jual pun dapat diturunkan. Akibatnya, memang tak banyak fitur yang ditawarkan ponsel yang masuk jajaran produk W atau ponsel musik ini.

Dari desain tak ada yang baru pada produk ini. Desain yang diusung masih tetap standar ponsel Sony Ericsson generasi terakhir. Ini ditandai dengan bentuk bodi kotak dan jajaran tombol di antara layar dan keypad yang berbentuk lingkaran-lingkaran. Meski sudah mulai terbiasa melihat desain ini, namun tetap saja perpaduan bentuk kotak dan lingkaran ini masih terasa janggal.

Ukuran ponsel ini pun tergolong cukup kecil sehingga mudah disisipkan di saku celana tanpa terasa mengganggu. Bahkan bobot ponsel dengan dimensi 46 x 100 x 10,5 mm ini pun hanya sekitar 78 gram saja dan menjadikannya salah satu produk ponsel paling ringan saat ini. Bagi beberapa orang mungkin ini juga menjadi sedikit masalah karena bobot yang ringan memberikan kesan tak nyaman saat digenggam.

Dan karena ukurannya cukup kecil, maka suka atau tidak ukuran layarnya juga ikut menyusut. Dengan luas hanya 2 inci dan resolusi sekitar 176 x 220 pixel maka tampilan layar ini juga tak terlalu ideal. Selain tampilan jadi mulai sulit terbaca, resolusi yang tak terlalu tinggi pun juga ikut andil mengurangi nilai lebih ponsel ini.

Dampak lain yang cukup terasa dari kecilnya ukuran ini adalah ukuran tombol pada keypad yang juga kecil. Untungnya, tombol-tombol ini dirancang sedikit menonjol bila dibanding dengan permukaan depan ponsel ini. Meski tak terlalu banyak, ini cukup membantu meningkatkan nilai ergonomis dari keypad ini.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, beberapa fitur memang harus dikorbankan untuk menekan harga jual. Sebut saja absennya dukungan jaringan 3G dan accelerometer yang biasanya jadi perangkat wajib jajaran produk kelas atas Sony Ericsson. Namun mungkin yang paling parah adalah kualitas kamera 2 megapixel-nya. Kualitas gambar hasil bidikan tak terlalu bagus terutama saat digunakan di ruangan dengan pencahayaan minim. Ini jadi masalah karena ponsel ini tak dilengkapi dengan lampu flash.

Singkatnya, tak banyak yang bisa diandalkan dari ponsel ini. Karena itu Trusted Reviews yang sempat menguji ponsel ini hanya memberikan nilai 6 dari 10 poin untuk ponsel yang dijual dengan harga sekitar US$199 atau setara Rp 2 jutaan ini.

Spesifikasi:
Network : GSM 850/ 900/ 1800/ 1900
Data : GPRS Class 10, HSCSD, EDGE Class 10
Sistem Operasi : -
Layar : 2.0 inches TFT 176 x 220 pixel
Kamera : 2 megapixel
Multimedia : Walkman player
Memory : 20 MB + Memory Stick Micro (M2) 512 MB
Connectivity : Bluetooth v2.0 with A2DP, USB
Dimensi : 100 x 46 x 10.5 mm
Fitur Lain : Java MIDP 2.0, FM radio with RDS, TrackID music recognition

1 comments:

Anonymous said...

Keren bok ponselnya