Yang Menjengkelkan dari Gmail

Thursday, December 25, 2008

Pengguna layanan email berbasis web milik Google ini memang makin hari makin bertambah. Kemudahan menjadikan email masuk yang memiliki topik sama menjadi satu thread memang cukup menarik sehingga mudah untuk melacak email-email lama yang memiliki kesamaan topik. Namun dari sekian banyak kelebihan, ada lima hal yang cukup menjengkelkan dari layanan Gmail.

Label

Yang pertama adalah tidak disediakannya fasilitas membuat folder seperti pada layanan email lain. Sebagai gantinya, Gmail memberikan kemungkinan memberikan label pada masing-masing email. Meski sebenarnya fasilitas ini juga mirip dengan folder namun kelemahannya adalah email akan tetap tampil pada kotak inbox dan bagi beberapa orang terasa cukup mengganggu.

No Drag and Drop

Meski terdengar sederhana, tapi beberapa orang lebih suka drag and drop dari pada harus mencentang email dan memilih folder lain saat ingin memindahkan sebuah email. Fitur yang didukung oleh Yahoo ini ternyata tak Anda dapatkan dari Gmail.

Delete

Keyboard shortcut memang sudah dimasukkan dalam salah satu fitur Gmail. Tapi anehnya, saat Anda ingin menghapus satu email, maka Anda harus menekan tombol # dan bukannya tombol Delete pada keyboard. Ini agak cukup aneh mengingat tombol untuk menghapus ini sudah tersedia pada keyboard.

Signature

Beberapa penyedia layanan email lain memberikan kemungkinan untuk membuat lebih dari satu signature dan akan sangat menguntungkan mereka yang memiliki lebih dari satu alamat email. Sayangnya ini juga tidak disediakan oleh Gmail sehingga Anda mau tak mau harus mengubah secara manual setiap kali ingin berganti signature.

Email Scan

Untuk kepentingan marketing, Gmail sengaja melakukan scanning pada isi semua email dalam inbox agar Google dapat memasang iklan yang lebih tepat sasaran. Aneh rasanya jika kita sadar bahwa email kita dibaca orang lain namun tak bisa berbuat apa pun karena itu adalah salah satu ketentuan yang harus diterima untuk mendapat layanan ini.

0 comments: